UPDATE NEWS | Selasa, 20 Februari 2014

PRESTASI TIM PEMBINA UKS PROVINSI JAMBI DALAM KOORDINASI LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL
Senin, 23 Maret 2015 | 10:32:09 WIB | Dibaca: 2395 Kali


Tim Pembina UKS Provinsi Jambi di sekolah lomba

 

 

 

Program UKS dikenal dengan Trias UKS yakni Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Pembina UKS sebagai alat motivasi adalah Lomba Sekolah Sehat (LSS). Lomba ini dilaksanakan secara berjenjang dari Tingkat Kecamatan sampai Tingkat Nasional. Lokus penilaian LSS adalah sekolah setiap jenjang pendidikan, Sekretariat Tim Pembina UKS Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Kecamatan wilayah sekolah peserta lomba. Penilaian ditekankan pada sejauhmana program pembinaan dan pengembangan UKS mengejawantah baik pada tataran Tim Pembina UKS maupun Tim Pelaksana UKS di sekolah. Peserta LSS Tingkat Nasional adalah pemenang LSS Tingkat Provinsi tahun sebelumnya. Dari tahun 2011 s.d tahun 2014, perwakilan sekolah dari Provinsi  Jambi selalu masuk nominasi dan menerima penghargaan di tingkat nasional dengan rincian sebagai berikut :

 

Tahun

 

Prestasi/Pencapaian Tingkat Nasional

2011

Peringkat 5 (lima) jenjang pendidikan SD/MI (SD Xaverius, Kota Jambi)

Peringkat 5 (lima) jenjang pendidikan SMP/MTs (SMPN 6 Kab. Merangin)

2012

Juara I Jenjang Pendidikan SMP/MTs (SMPN 12 Kab. Tebo)

2013

Juara I Jenjang Pendidikan SMA/SMK/MAN (SMAN 5 Kab. Batanghari)

2014

Juara III Jenjang Pendidikan TK/RA (TK Bhayangkari, Kota Jambi)

 

Hasil yang dicapai tersebut tentunya merupakan buah dari kerja keras Tim Pembina UKS setiap jenjang Pemerintah Daerah dan Tim Pelaksana UKS di sekolah. Pencapaian dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tentunya membanggakan bagi Tim Pembina UKS dan Tim Pelaksana UKS yang berprestasi. Sebelum pelaksanaan penilaian, Tim Pembina UKS Provinsi Jambi senantiasa secara rutin melakukan koordinasi pembinaan kesiapan dalam mengikuti lomba. Hal ini tidak hanya didasari oleh prestasi yang memang harus dipertahankan, tapi juga keinginan yang kuat untuk membina dan menumbuhkembangkan Trias UKS di Provinsi Jambi. Kita tetap menganggap Lomba Sekolah Sehat sebagai sebuah entry point bagi peningkatan program pembinaan dan pengembangan UKS. Kesinambungan dan dampak perubahan prilaku bagi peserta didik seyogyanya terwujud paling tidak pada sekolah yang telah menjadi peserta dan pemenang lomba di setiap levelnya. Ini merupakan tantangan yang harus dijawab oleh Tim Pembina dan Tirm Pelaksana UKS dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan peran yang telah digariskan melalui pedoman pembinaan dan pengembangan UKS.

Pada bulan Juni tahun 2015 ini, LSS Tingkat Nasional menurut rencana akan kembali digelar. Kita berharap agar prestasi di tingkat nasional kembali terulang sebagai penutup periode Jambi Emas. Tim Pembina UKS Provinsi Jambi menyadari bahwa secara umum program pembinaan dan pengembangan UKS di Provinsi Jambi masih perlu dibenahi dan terus ditingkatkan. Semoga program UKS dapat terus berkontribusi secara positif bagi pembangunan kesehatan dan pendidikan serta pencapaian Visi Jambi EMAS 2015 yang berkelanjutan. (SEKRETARIAT TIM PEMBINA UKS PROVINSI JAMBI)

Sumber: Sekretariat Tim PEmbina UKS Provinsi Jambi



BERITA TERBARU


GALLERY KEGIATAN

ONLINE SURVEY

Bagaimana Menurut Anda Informasi Yang kami Sediakan?
Sangat Lengkap
Lengkap
Tidak lengkap
Sangat Tidak Lengkap

PENGUMUMAN PEMKAB

Semua Pengumuman