UPDATE NEWS | Selasa, 20 Februari 2014

PERCEPAT PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH/MADRASAH DENGAN AKSELERASI !
Senin, 30 Maret 2015 | 14:45:41 WIB | Dibaca: 3011 Kali


Peserta Akselerasi UKS/M dengan tekun mengikuti kegiatan

Program pengembangan Akselerasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS/M) adalah program yang diinisiasi oleh Tim Pembina UKS/M Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI yang merupakan upaya terobosan untuk mempercepat pencapaian tujuan UKS/M sebagai model yang diharapkan akan dapat direplikasikan di daerah lain dengan karakteristik yang sama. Program ini pada tahun 2013 dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat oleh Tim Pembina UKS/M setempat dengan pengawasan dan pemantauan oleh Tim Pembina UKS/M Provinsi Jambi dan Tim Pembina UKS/M Pusat. Tim Pembina UKS/M Provinsi Jambi juga telah melakukan kegiatan akselerasi di Kota Jambi melalui dana APBD Perubahan Tahun 2013 pada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Pada tahun 2014, Tim Pembina UKS/M Provinsi Jambi telah melaksanakan program pemantapan Akselerasi UKS/M di Kabupaten Tanjabtim dan Batanghari melalui dana APBN pada Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dan di Kabupaten Tebo melalui dana APBD Provinsi Jambi pada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Untuk tahun 2015 ini, Akselerasi UKS/M dilaksanakan untuk Kabupaten Bungo dan Merangin melalui dana APBN pada Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, sedangkan untuk Kabupaten Muara Jambi, Kerinci, dan Kota Sungai Penuh melalui dana APBD Provinsi Jambi pada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Untuk Kabupaten Sarolangun direncanakan pada tahun 2016.

Baru baru ini, Biro Kesramas selaku koordinator program pembinaan dan pengembangan di Provinsi Jambi telah mengkoordinasikan pelaksanaan Akselerasi UKS/M bagi Tim Pembina UKS/M Kabupaten Muara Jambi, Kerinci, dan Kota Sungai Penuh, yang didanai melalui APBD Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Kegiatan Akselerasi UKS/M dimaksud dilaksanakan dari tanggal 24 Maret 2015 s.d 27 Maret 2015 di Hotel Ratu Residence dengan jumlah peserta sebanyak 75 peserta. Adapun rincian pesertanya untuk setiap kabupaten/kota adalah sebagai berikut :

Bagian yang membidangi Kesra       : 3 orang

Dinas Pendidikan                           : 4 orang

Dinas Kesehatan                           : 3 orang

Kankemenag                                : 2 orang

Bappeda                                     : 1 orang

Perwakilan 3 (tiga) Kecamatan dengan komposisi per Kecamatan : 

Kantor Camat                               : 1 orang

UPTD Dinas Pendidikan                   : 1 orang

Puskesmas                                  : 1 orang

KUA Kecamatan                            : 1 orang

Narasumber kegiatan berasal dari Tim Pembina UKS/M Provinsi Jambi. Para peserta cukup antusias dalam mengikuti kegiatan dan menyusun program kegiatan sebagai rencana tindak lanjut untuk diterapkan di daerah masing-masing. Semoga, Tim Pembina UKS/M setempat akan mampu mewujudkan dan mengawal penerapannya.

 

Sumber: SEKRETARIAT TIM PEMBINA UKS PROVINSI JAMBI



BERITA TERBARU


GALLERY KEGIATAN

ONLINE SURVEY

Bagaimana Menurut Anda Informasi Yang kami Sediakan?
Sangat Lengkap
Lengkap
Tidak lengkap
Sangat Tidak Lengkap

PENGUMUMAN PEMKAB

Semua Pengumuman